Jumat, 28 Mei 2010

Susuk

Seperti kata orang kebanyakan, susuk bisa membuat pemakainya jadi punya daya tarik yang begitu mempesona. Konon, fenomena pemasangan susuk sudah ada sejak zaman nenek moyang kita, berabad-abad lalu. Banyak alasan seseorang berniat memasang susuk ditubuhnya. Selain untuk kecantikan dan kekuatan tubuh, nggak sedikit orang yang juga memasang susuk untuk keberuntungan dalam berdagang atau karir. Jadi, bukan Cuma wanita saja yang bisa menggunakan susuk.

Benda-benda yang dijadikan susuk biasanya berupa perhiasan, seperti emas, intan atau berlian yang ukurannya sangat kecil (kira-kira 3mm). bentuk susuk bisa bermacam-macam, ada yang seperti jarum, pasir atau serbuk.

Cara pemasangannya tentu saja harus dengan ilmu khusus atau atau bisa dibilang ilmu gaib. Sebelum dimasukkan dalam tubuh, si mbah dukun atau paranormal terlebih dulu membekali susuk tersebut dengan doa-doa atau mantra. Kemudian, barulah susuk dimasukkan dalam bagian tubuh tertentu. Untuk kecantikkan, biasanya susuk dipasang disekitar wajah.

Uniknya, proses pemasangan susuk ini dilakukan tanpa rasa sakit atau terluka. Bahkan, ada beberapa paranormal mengaku mampu memasang susuk dengan mengirimnya dari jarak jauh, tanpa harus bertemu secara langsung dengan pasiennya.

Banyak mitos yang berkembang tentang susuk. Mitos-mitos ini ada hubungannya sama pantangan yang harus dilakukan dan efek samping bagi pengguna susuk. Contohnya, orang yang memakai susuk nggak boleh makan sate dari tusuknya, atau nggak boleh jalan dibawah jemuran. Kalau pantangan ini dilanggar, akibatnya orang yang menggunakan susuk akan kehilangan keberuntungan dan fungsi susuknya. Bahkan bisa menderita sakit parah. Sering dengar pula mitos bahwa orang yang menggunakan susuk akan tersiksa dan menderita saat bertemu ajalnya.

Dalam ilmu kedokteran, susuk digunakan sebagai alat kontrasepsi, yang disebut implan. Implant ini biasa diletakkan dibawah kulit lengan wanita.

Apakah penggunaan susuk (diluar bidang kedokteran) dihalalkan atau diharamkan menurut ajaran agama, juga masih banyak diperdebatkan dan apakah efek susuk memang benar-benar nyata? Jawabannya tergantung pada keyakinan kita. Soal percaya atau nggak, yaa terserah saja…


Sumber : Majalah Gadis, September 2003 (dengan pengubahan)

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates