Jumat, 28 Mei 2010

Merawat Kamera

Paling asyik kalo udah ceprat-cepret sana-sini pake kamera. Bisa lupa waktu! Cuma, jangan lupa kamera juga perlu dirawat. Jangan sampe kamera jamuran atau rusak gara-gara salah ngerawat. Apalagi harga kamera kan nggak murah.

Berikut ini beberapa tips cara ngerawat kamera.

1. Siapin Blower

Peralatan yang satu ini wajib ada buat ngerawat kamera. Blower adalah alat yang memiliki bentuk seperti pompa. Gunanya untuk menyemprotkan udara ke badan kamera dan lensa kamera supaya bebas debu.

2. Gunakan Lens Pen

Abis di blower, pake kuas pada lens pen untuk membersihkan sisi kamera yang susah dijangkau, juga pinggiran lensa. Ujung lens pen lainnya dipake untuk ngebersihin kaca lensa. Caranya, dengan menempelkan lens pen dan sapukan searah secara perlahan.

3. Segera di Lap

Lap ini berfungsi untuk mengelap badan kamera dan permukaan luar lensa. Jangan lupa juga keluarkan batu baterai dan memory card dari badan kamera. Sebaiknya kalo sedang enggak dipake, rajin-rajinlah mencopot baterai dan memory card.

4. Simpan di Dry Box

Kalo kamera udah dibersihin, masukkin ke dalam dry box yang kedap udara khusus untuk kamera agar suhu dan kelembabannya tetap terjaga. Nah, kalo kotak ini terlalu mahal, bisa juga pake box biasa. Cuma, jangan lupa masukkin silica gel plus bahan pengatur kelembaban udara supaya kamera enggak jamuran. Atau bisa juga membuat kotak dari kaca dan diisi dengan lampu kecil 5watt. Masukkan juga silica gel kedalam kotak. Silica gel sendiri, bisa dibeli di took kimia, sedangkan bahan pengatur kelembaban lainnya bisa didapet di supermarket. Sebaiknya 2 minggu sekali silica gel yang sudah berwarna diganti. Bisa juga butiran-butiran silica gel itu dipanasi supaya bisa dipake lagi.

Referensi : Camp2us, November 2007.

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates