Senin, 04 April 2011





Judul : DIARY si Bocah Tengil : Rodrick Yang Semena-Mena
Penulis : Jeff Kinney
Tebal : 215 halaman
Penerbit : Atria, Jakarta
Terbit : V, Mei 2010
Harga : Rp. 34.900,-


Bagi sebagian orang, membaca novel merupakan hal yang membosankan. Jangankan baca, liat tulisan yang segitu banyaknya saja sudah males, apalagi nggak ada gambarnya. Mata rasanya pedes. Tapi, tidak dengan novel yang satu ini.

Diary si Bocah Tengil : Rodrick Yang Semena-Mena, merupakan buku kedua dari seri Diary Si Bocah Tengil. Didalamnya masih menceritakan tentang kehidupan Greg Heffley, seorang bocah SMP beserta keluarganya, Mom, Dad, adiknya Manny dan kakaknya Rodrick, serta sahabatnya Rowley.

Ada beberapa bagian cerita yang meninggalkan pesan moral cukup berkesan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya saat Mom melarang Greg untuk berbohong. Mom menghukum Greg selama satu bulan untuk tidak berbohong. Greg harus berhati-hati karena Mom tidak pernah lupa perkataannya bila menyangkut masalah yang Greg timbulkan. Lalu, suatu waktu telepon dirumah berdering. Telepon itu berasal dari Mrs. Gilman dari POMG sekolah Greg berasal. Dia mencari Mom, lalu Greg menyerahkan telepon pada Mom tapi Mom berbisik pada Greg bahwa dia sedang tidak berada dirumah. Saat itu pula Greg berfikir apakah Mom sedang menjebak Greg untuk berbohong atau tidak. Tapi Greg tidak bersedia merusak kejujurannya pada masa hukumannya. Lalu Greg menyuruh Mom untuk pergi ke teras depan di luar rumah sebelum berbicara kepada Mrs. Gilman, “ Ibuku sedang tidak berada di dalam rumah sekarang”. Dan dari tampang Mom saat dia masuk rumah, Greg merasa Mom tidak akan menyuruhnya berjanji untuk bersikap jujur lagi.

KELEBIHAN:
1. The #1 New York Times Bestseller.
2. Merupakan novel kartun yang sangat menarik untuk dibaca dan tidak membosankan.
3. Terdapat pesan moral.

KEKURANGAN:
1. Menggunakan bahasa yang tidak formal.
2. Harganya cukup mahal.

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates