Jumat, 28 Mei 2010

Manfaat Sayur Kuning

Sayuran bulat yang rata-rata berukuran besar ini, merupakan jenis tanaman merambat yang tidak hanya lezat dibuat kudapan, juga kaya manfaat. Hmm.. coba tebak sayuran apa?
Yupz.. labu kuning, atau banyak yang menyebutnya dengan nama waluh.
Waluh merupakan bahan pangan yang kaya akan vitamin A dan C, mineral, serta karbohidrat. Daging buahnya juga mengandung antioksidan yang berfungsi sebagai penangkal berbagai jenis kanker.

Nutrisi yang dikandungnya menjadikan labu kuning berkhasiat meningkatkan kekebalan tubuh. Betakaroten yang dikandung labu kuning berperan mencegah serangan jantung. Sementara, kandungan vitamin B1, C dan seratnya juga berperan sebagai pencegah penyakit jantung dan stroke. Manfaat lain dari labu kuning adalah mengobati migraine, demam, diare, penyakit ginjal, serta membantu menyembuhkan radang. Disamping itu, kandungan lemaknya juga rendah sehingga tidak perlu takut kegemukan, asal dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

Sesuai dengan namanya, labu kuning mempunyai warna kuning atau jingga akibat kandungan karotenoidnya yang sangat tinggi. Itulah sebabnya air perasan labu kuning sering digunakan sebagai pewarna alami dalam pengolahan berbagai jenis makanan tradisional.

Buah atau sayur labu ini dapat digunakan untuk berbagai jenis makanan dan cita rasanya enak. Tidak hanya buahnya, daun labu kuning juga berfungsi sebagai sayur. Dan bijinya, bermanfaat untuk dijadikan kuaci. Air buahnya berguna sebagai penawar racun binatang berbisa, sementara bijinya menjadi obat cacing pita.


Referensi : Koran Sindo, 5 Oktober 2009

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates