Sabtu, 05 Juni 2010

Tips Untuk yang Insomnia

Insomnia atau orang yang susah tidur dapat menyerang semua golongan usia. Meskipun demikian, angka kejadian insomnia akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini mungkin sering disebabkan karena stress. Selain itu, perempuan dikabarkan lebih sering menderita insomnia dibandingkan dengan laki-laki.

Berikut ini ada beberapa tips buat penderita insomnia.
1. Olah raga secara teratur.
Menurut beberapa penelitian, dengan olahraga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah tidur. Olah raga yang baik, sebaiknya dilakukan pada pagi hari. Dengan berolah raga, kesehatan akan menjadi optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul.

2. Jangan makan dan minum terlalu banyak saat mau tidur.
Makan dan minum yang terlalu banyak, dapat membuat perut menjadi tidak nyaman.

3. Tidurlah dalam lingkungan yang nyaman.
Saat tidur, matikan lampu dan matikan hal-hal yang dapat membuat suara seperti tv, radio, dll. Pastikan juga keadaan suhu kamar tidak terlalu panas atau gerah. Jangan sering melihat jam, karena dapat membuat cemas karena belum dapat terlelap sementara jarum jam kian larut.

4. Hindari minuman yang dapat membuat terjaga.
Saat malam, terutama sebelum tidur hindari minuman seperti kopi, teh dan alcohol juga rokok. Minuman ini, dapat membuat terjaga yang tentu saja hal tersebut tidak diperlukan bila kita ingin tidur.

5. Makan makanan ringan yang sidikit mengandung karbohidrat sebelum tidur.
Makanan ringan dapat membantu kita untuk dapat tertidur. Bisa juga ditambahkan dengan minum segelas susu hangat. Jangan lupa sikat gigi sesudahnya.

6. Mandi dengan air hangat.
Mandi dengan air hangat 30mnit atau 1jam sebelum tidur, akan menyebabkan efek sadasi atau merangsang tidur. Selain itu, mandi dengan air hangat juga dapat mengurangi ketegangan tubuh.

7. Jangan menonton TV, baca buku 1 jam sebelum tidur.
Gunakanlah tempat tidur hanya khusu untuk tidur. Hal ini akan membantu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tidur. Saat berbaring ditempat tidur, maka secara otomatis akan timbul rangsangan untuk tidur.

8. Lakukan aktivitas relaksasi secara rutin.
Contoh aktivitas relaksasi yang dapat dilakukan seperti mendengarkan musik, melatih pernapasan, meditasi, dll. Aktivitas ini dapat membantu memperlambat proses yang terjadi dalam tubuh sehingga menjadi lebih santai. Keadaan ini, akan mempermudah untuk tidur.

9. Jernihkan pikiran.
Buang segala kekhawatiran yang ada dikepala. Salah satu caranya dengan menuliskannya dibuku harian.

10. Tidur dan bangun dalam periode waktu yang teratur setiap hari.
kalau waktu tidur yang sekarang kacau, maka akan mengacaukan waktu tidur selanjutnya. Untuk itu usahakan tidur tepat waktu setiap harinya.

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates