Sabtu, 05 Juni 2010

Tidur Nyenyak

Sering kali tiap malam, kita tidak bisa tidur dengan nyenyak. Ada beberapa factor yang bisa menyebabkan tidur kita menjadi kurang nyenyak. Seperti banyak pikiran, lampu kamar yang terlalu terang, badan terasa gerah, dan lain-lain.
Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar tidur menjadi nyenyak
1. Jangan makan malam terlalu kenyang.
Usahakan makan malam dibawah jam 7 malam, sehingga anda tidak tidur dalam keadaan perut penuh.
2. Kurangi kegiatan yang menyita mental setelah pukul 20.30.
3. Matikan lampu mulai pukul 22.30.
Jika belum terbiasa tidur pada jam ini, majukan waktu tidur setengah jam lebih awal setiap minggu sampai akhirnya anda biasa tidur pukul 22.30.
4. Mandi air panas.
Mandilah dengan air hangat 1 jam sebelum tidur. Teteskan juga minyak esensial lavender, vanilla atau cendana ke dalam air mandi untuk membuat anda lebih rileks. Redupkan lampu dan pasang aroma terapi. Jika memungkinkan, dengarkan musik yang lembut dan menenangkan.
5. Minum air hangat
Sebelum tidur, lebih baik minum segelas air putih. Atau bisa juga diganti dengan susu atau segelas teh hangat.
6. Menulis buku harian.
Sesaat sebelum tidur, tuangkan isi pikiran anda yang begitu ribet ke dalam buku harian, sehingga kepala anda tidak terlalu penuh lagi.
7. Baca buku.
Jangan pilih buku matematika atau novel dramatis, lebih-lebih novel horor. Pilihlah bacaan yang dapat memberikan inspirasi.
8. Rasakan tubuh Anda.
Jangan berfikir negative bin ngeres dulu. Maksudnya, rasakan tubuh Anda ketika sudah terbaring ditempat tidur, tutup mata dan rasakan tubuh Anda. Dengan cara ini, Anda membawa perhatian ketubuh . jika ada ketegangan dibagian tubuh tertentu, bawa rileks daerah itu.
9. Perhatikan napas sampai tertidur.
Tindakan seperti ini bisa membantu, mengingat Anda masih terbaring ditempat tidur. Diam-diam, amatilah napas. Saat itu, aktivitas metabolisme berada dalam keadaan lambat, sama seperti kita tidur nyenyak.

Itu tadi beberapa tips yang boleh dicontek dari www.kaskus.us dengan perubahan tentunya. Hehe.. semoga bisa membantu n slamat mencoba..

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates