Sabtu, 05 Juni 2010

Makanan bisa Mempengaruhi mood!!

Saat liburan, pastinya maunya fun terus. Jadi, penting banget punya tubuh yang fit. Kalau lemas, mana bisa senang-senang?
Bayangkan jika kita tiba-tiba pingsan karena kehabisan energi ditengah perjalanan. Atau tanpa sadar berat badan jadi naik akibat ngemil berlebihan ketika santai di rumah.
Hemm.. liburan yang seharusnya menyenangkan malah jadi ngebetein. Apalagi ada pula beberapa makanan yang harus dihindari karena bisa bikin mood jadi jelek. Tapi, ini bukan berarti kita juga harus diet lohh.

Makanan selain meningkatkan energi ternyata juga berpengaruh terhadap mood kita. Hal ini disebabkan zat yang ada di dalam makanan mampu mempengaruhi aktivitas syaraf yang ada di otak.
Beberapa zat makanan ini, mampu meningkatkan energi sekaligus mood.

• Karbohidrat kompleks
Kandungan karbohidrat mampu merangsang hormon serotonin dalam tubuh. Hormon ini juga sering di kenal sebagai feel good hormone atau hormon yang membuat kita merasa nyaman.
Contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, yaitu nasi, brokoli, kentang, pasta dan gandum.

• Folid acid
Nggak perlu bingung buat nyari Folid acid atau lebih dikenal dengan vitamin B. Soalnya, zat ini banyak terdapat di dalam suplemen vitamin atau makanan. Folid acid berfungsi membuat mood jadi lebih baik. Karena, zat ini mampu mengurangi kadar homocysteine yang bisa bikin kita terkena depresi. Folid acid banyak terdapat pada jeruk, bayam, alpukat, sayur asparagus, kol dan kacang kedelai.

• Magnesium
Kalau liburan kita hanya ingin diisi dengan kegiatan yang tidak memerlukan banyak energi atau hanya ingin rileks, maka zat yang dibutuhkan oleh tubuh adalah magnesium. Kenapa harus magnesium? Soalnya magnesium ini dapat mengurangi ketegangan otot kita. Kita bisa mendapatkan zat magnesium dalam coklat, alpukat, kacang almond, bayam dan tiram.

• Niacin
Selain mengurangi depresi, zat niacin berguna untuk memerangi rasa cemas sekaligus panik. Enggak heran kenapa zat ini paling jago bikin mood lebih happy. Niacin banyak terdapat di daging ayam, tuna, nasi dan gandum.

• Omega-3
Omega-3 sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung plus menambah energi. Selain itu, omega-3 juga mencegah terjadinya gumpalan darah yang dapat menyumbat jantung. Contoh makanan yang ada omega-3 adalah tuna, ikan salmon, sarden dan kacang kedelai.

Kurangi…

Selama mengisi liburan, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya kita kurangi, karena terbukti mempengaruhi mood sehingga membuat kita kurang berenergi.

• Kafein
Penelitian membuktikan kalau kafein yang ada di dalam kopi membuat kita terkena depresi. Cara kerja kafein awalnya adalah dengan membuat tubuh berenergi, sehingga kita enggak ngantuk. Tapi setelah itu, kita jadi kehabisan tenaga. Jadi sebaiknya piker-pikir dulu sebelum minum kopi ya….

• Makanan atau minuman yang terlalu banyak gula
Sebenernya sih gula bisa membuat kita lebih berenergi. Misalnya aja saat panjat tebing, kita justru dibekali gula jawa supaya enggak lemas. Tapi, sama halnya dengan kafein, setelah berhenti mengkonsumsi gula, maka kita justru kehilangan energi. Menurut penelitian, efek paling buruk terjadi jika kita sering meminum kopi dicampur gula yang banyak. Di penelitian itu, responden yang dikasih kopi plus gula secara teratur jadi gampang banget merasa dow

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates