Sabtu, 05 Juni 2010

Biar Nggak Sirik

Sirik.. udah bukan kata yang aneh lagi ditelinga kita. Dan pastinya kita pernah ngalamin ‘panas’ hati saat ngeliat orang lain ngedapetin sesuatu yang kita inginkan. Jangankan orang lain, bahkan teman dan saudara sendiri pun sering kita masih sering kita sirikin. Um.. namanya juga manusia.

Biar nggak sirik lagi, ada beberapa tips yang bisa kita lakuin.
- Berbesar Hati
Biar nggak jadi bete dan sibuk bertanya-tanya dalam hati kenapa bukan kita yang mendapatkannya, lebih baik kita berbesar hati saja. Bersikap sportif, selain memang positif bakal sering kita praktekan. Soalnya, dalam menjalani hidup, kita memang nggak mungkin menang terus-terusan.

- Keep It Yourself
Namanya juga lagi kesel, kadang mulut suka nggak bisa kompromi. Ngomong kiri-kanan betapa kita nggak suka ngeliat si A, B, atau C mendapatkan hal-hal yang menyenangkan.
Padahal, betapa pentingnya menahan diri untuk nggak menyebarluaskan perasaan negatif ini. Selain bisa mempengaruhi orang lain, kita juga bisa dicap si sirik dan bisa dijauhin orang banyak. Mending kalo mau cerita ya sama orang rumah atau diary aja, kan lebih aman tuh!

- Si Untung
Nggak perlu sirik sama teman yang kelihatannya selalu untung. Nggak berusaha sekalipun ia bakal mendapatkan apa yang diidam-idamkan orang lain. Sirik sama orang yang seperti ini, bakal bikin kita capek hati. Yakin deh, rejeki kita tuh udah ada yang ngatur. Jadi, nggak usah disirikin deh.

- Lihat Ke Bawah
Kalau lagi sirik melihat keberhasilan atau milik orang lain, kita biasanya lupa untuk melihat ‘ke bawah’. Lupa mensyukuri apa yang sudah kita miliki. Padahal masih banyak orang di luar sana yang keberuntungannya masih jauh di bawah kita. Betapa sedihnya mereka kalau yahu kita masih suka sirik sama orang lain.

- Cari Celah
Energi yang kita keluarkan untuk marah-marah atau membatin melihat keberhasilan orang lain, mestinya kita salurkan pada hal lain. Misalnya dengan mengevaluasi apa yang bikin dia sukses. Kalau kita jeli, kita bisa ngeliat potensi yang kita punya dan selanjutnya, tinggal cari celah atau peluang untuk bisa sukses juga.

- Ada Saatnya
Kita mungkin sering dikasih nasihat bahwa hidup itu seperti roda yang berputar, kadang di atas, kadang dibawah. Itu bener banget! Kita nggak bisa mengira apa yang akan terjadi sama kita 1 menit selanjutnya. Nggak perlu manyun liat keberhasilan orang, next time siapa tahu giliran kita…

- Nggak Berani? Basi!
Tahu kelebihan kita tapi nggak berani buat bikin langkah pertama? Aduuh… basi benget. Mau nunggu sampe berapa tahun? Percaya deh, kalau kita sudah berani untuk melakukan sesuatu mengejar cita-cita kita, lama-lama jaraknya nggak akan sejauh bintang lagi. Mau mencoba??

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates