Jumat, 23 April 2010

PERILAKU KONSUMEN

Pengertian Konsumsi

Konsumsi adalah kegiatan yang mengurangi atau menghabiskan suatu kegunaan barang/jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Tujuan kegiatan Konsumsi
- untuk memenuhi atau memuaskan kebutuhan
- untuk meningkatkan kesejahteraan hidup

Sifat Konsumsi
- Langsung
kegiatan untuk menghabiskan barang dan jasa dan sifatnya berulang-ulang dan dinikmati secara langsung.
- Bertahap
Kegiatan untuk mengurangi kegunaan barang dan jasa sampai nilai ekonominya habis.

Perilaku konsumen

Adalah tingkah laku dari konsumen, dimana mereka dapat mengilustrasikan pencarian untuk membeli, menggunakan, mengevaluasi dan memperbaiki suatu produk dan jasa mereka. Focus dari perilaku konsumen adalah bagaimana individu membuat keputusan untuk menggunakan sumber daya mereka yang telah tersedia untuk mengkonsumsi suatu barang.1

Teori Perilaku konsumen

Yaitu system atau tata cara konsumen dalam memilih produk yang akan dikonsumsi dan diyakini akan memberikan kepuasan maksimum sesuai dengan pendapatan yang diterima dan tingkat harga yang berlaku.

Dua wujud Konsumen
1. Personal Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk penggunaannya sendiri.
2. Organizational Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan organisasi tersebut.1

Situasi yang perlu dipertimbangkan dalam melihat perilaku konsumen

a. Harga
Faktor ini dipakai orang untuk mempertimbangkan pemenuhan atau penundaan kebutuhan sebab sangat berkaitan dengan jumlah uang yang dimiliki.

b. Pendapatan
Semakin besar pendapatan seseorang, semakin banyak pula barang dan jasa yang dapat dibeli sehingga kebutuhannya semakin beraneka ragam.

c. Selera konsumen
Cita rasa atau kesenangan konsumen berpengaruh besar terhadap keinginan konsumen untuk memenuhi kebutuhannya.

d. Emosi (perasaan)
Dalam berkonsumsi, hendaknya menghindari perilaku boros, suka membeli barang yang tidak perlu, dorongan ingin lebih dari yang lain sehingga terus-menerus membeli barang atau membelanjakan seluruh pendapatan tanpa pernah menabung.
Setiap konsumen berperilaku untuk menggunakan uang secara cermat dan hemat dengan cara :
- memprioritaskan kebutuhan barang yang paling utama;
- menyesuaikan antara pendapatan dengan pengeluaran;
- tidak memaksakan diri untuk membeli barang karena harga diri;
- tidak mudah terkena pengaruh lingkungan;
- memperhatikan dan membandingkan kualitas barang yang akan dibeli.


Referensi :
http://organisasi.org/perilaku-konsumen-ringkasan-rangkuman-resume-mata-kuliah-ekonomi-manajemen 1

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates