Jumat, 23 April 2010

FUNGSI PRODUKSI

Untuk memenuhi kebutuhan akan barang ekonomi, orang harus menghasilkannya terlebih dahulu. Kegiatan menghasilkan barang dan jasa itulah yang sehari-hari kita sebut produksi.
Dalam pengertian sehari-hari, produksi adalah setiap kegiatan yang menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan manusia.
Dalam pengertian ekonomi, produksi adalah setiap kegiatan manusia untuk menciptakan atau memperbesar daya guna barang. 1.

Didalam produksi terdapat bagian-bagian. Bagian produksi adalah suatu bagian yang ada pada perusahaan yang bertugas untuk mengatur kegiatan-kegiatan yang diperlukan bagi terselenggaranya proses produksi.

Dalam menjalankan tugasnya, bagian produksi bekerja sama dengan bagian-bagian lain, seperti bagian pemasaran, keuangan serta bagian akuntansi. Oleh karena itu, perlu diadakan koordinasi agar semua bagian dapat berjalan dengan beriringan.

Tanpa adanya perencanaan yang matang, pengaturan serta pengawasan yang baik, maka akan mengakibatkan jeleknya hasil produksi. Selain itu harus dipikirkan juga agar jangan sampai hasil produksinya bagus, tetapi ongkos yang diperlukan terlalu besar. Biaya yang terlalu besar akan mengakibatkan harga pokok produksinya menjadi besar, hal ini akan mengakibatkan tingginya harga jual produk sehingga akan tidak terjangkau oleh konsumen. Inilah yang merupakan tugas dari bagian produksi. Tugas tersebut, akan dapat terlaksana dengan baik, jika mengacu pada pedoman kerja tertentu.
Pedoman kerja tersebut antara lain :
1. Tepat Jumlah
2. Tepat Mutu
3. Tepat Waktu
4. Tepat Ongkos/Harga

Dengan pedoman empat hal tersebut, maka bagian produksi akan dapat mencapai sasarannya dengan baik. Secara garis besar, tugas tersebut dapat dibagi menjadi beberapa macam, yaitu :
1. Perencanaan Produk
2. Perencanaan Luas Produksi
3. Perencanaan Lokasi Pabrik
4. Perencanaan Layout Mesin-mesin Pabrik
5. Perencanaan Bahan Baku
6. Perencanaan Tenaga Kerja
7. Pengawasan Kualitas


Sumber :

Buku paket “IPS EKONOMI” SLTP kelas 1, Drs. Sarno Yulianto,M.M. 1.
http://gozarago.blogspot.com/2010/03/fungsi-produksi.html (dengan pengubahan)

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates