Minggu, 28 Februari 2010

Cantik dengan Kawat Gigi

Siapa bilang gigi berkawat nyeremin?? Sekarang ini gigi berkawat dah ngga nyeremin kok! Justru jadi trend..

Sederatan gigi yang rapi memang bikin senyum kita jadi semakin lebar. Tapi, ngga semua orang giginya udah berbaris rapi. Jadi, buat yang struktur giginya masih “berantakan”, sepertinya perlu perawatan orthodentic yaitu dengan menggunakan kawat gigi. Selain buat kesehatan, pakai kawat gigi juga bisa mempercantik senyum kita. Mau kenal lebih jauh dengan si kawat gigi??

  • Biasanya waktu yang paling pas untuk memasang kawat gigi, yaitu kalau gigi permanen kita sudah mulai tumbuh lengkap. Sebetulnya, ngga ada batasan umur, tetapi semakin cepat semakin baik.
  • Sebelum mulai dipasang, dokter gigi harus mendiagnosa keadaan gigi kita dulu. Yaitu dengan melakukan foto X-ray dan foto tampilan gigi kita. Kalau diperlukan, ada beberapa gigi yang harus di cabut. Dokter akan membuat cetakan gigi kita dan setelah itu bisa dimulai proses persiapan pemasangan kawat gigi.
  • Setelah dipakai, gigi harus rajin dikontrol. Biasanya sih setiap 4-6 minggu sekali buat ganti karet dan ngencengin kawatnya.
  • Awal pemasangan memang agak terasa sakit dan kadang jadi timbul sariawan. Tetapi, lama-lama akan terbiasa.
  • Waktu yang dibutuhkan sebetulnya tergantung dengan keadaan gigi. Bisa hanya 6 bulan bahkan sampai 3 tahun.
  • Model kawat gigi sekarang udah banyak macamnya. Ada yang dari metal, porselen atau pelastik. Biarpun tingkatan harganya beda, sebetulnya fungsinya sama aja.
  • Namanya juga pake kawat gigi, pasti banyak dong makanan yang nyelip di gigi kita. Jadi biar tetap bersih, harus rajin gosok gigi dengan menggunakan dental floss. Selain itu hindari juga makan yang keras-keras seperti apel, biar si kawat gigi tetap kuat dan tidak gampang goyah.
  • Setelah kawat gigi di lepas, jangan lupa untuk rajin pakai retainer selama beberapa bulan lagi. Fungsinya untuk mempertahankan gigi yang sudah rapi biar tetap pada posisinya.

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates