Senin, 02 November 2009

Tujuh langkah anti kusam

Kulit merupakan organ terbesar yang terdapat di seluruh permukaan tubuh dan terdiri dari beberapa jaringan yang memiliki fungsi spesifik. Kadang kita sering meremehkan kesehatan kulit. Padahal kulit berfungsi sebagai alat pelindung tubuh terhadap segala bentuk rangsangan. Selain itu, kulit merupakan salah satu dari 5 titik kecantikan alami yang dapat membuat kita terlihat cantik, sehat dan segar.


Masalah kulit yang sering kita hadapi yaitu kulit terlihat kering dan kusam. Ciri-ciri kulit yang kering atau kusam yaitu permukaannya terlihat pecah-pecah dan kasar. Kulit kusam bisa disebabkan karena kurangnya cairan yang dapat melembabkan lapisan kulit.

Lalu bagaimana caranya agar kulit tetap terlihat sehat?? Hmm… gak usah bingung.

Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan.


  1. Jangan berendam

Cuaca yang panas seperti sekarang ini, aktifitas yang paling enak dilakukan adalah berenang dan berendam. Memang kedua aktifitas itu dapat membuat kita merasa lebih segar. Tapi sebaiknya, kita tidak merendam tubuh pada saat cuaca sangat panas. Karena hal tersebut akan membuat kulit menjadi kering dan terlihat kusam atau hitam. Apalagi untuk daerah sekitar wajah dan tangan. Ini karena wajah dan tangan merupakan bagian tubuh yang paling lama terpapar sinar matahari. Tetapi kalau kita memang sangat ingin berenang, sebaiknya dilakukan pada saat pagi atau sore hari.


  1. Bersihkan sisa sabun

Hal ini memang sepele dan biasanya kurang diperhatikan. Tetapi, sisa sabun yang masih menempel dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Oleh sebab itu, mulai sekarang biasakan mencuci muka di wastafel yang dilengkapi dengan cermin. Jadi kita bisa tahu apakah wajah sudah bersih dari sisa sabun atau belum?


  1. Perbanyak minum air putih


Hmm.. anjuran seperti ini memang sudah sering kita dengar. Tapi apa sudah kita lakukan?? Musim kemarau pasti membuat tubuh dehidrasi. Dehidrasi merupakan faktor terbesar yang menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam. Untuk menghindari dehidrasi yang berlebihan biasakan perbanyak minum air putih minimal 8 gelas/hari. Terbukti loh, selain mengurangi dehidrasi dengan banyak minum air putih juga dapat melancarkan pencernaan. Jangan lupa untuk menambah asupan buah dan sayur-sayuran.


  1. Hindari paparan AC

Hal ini sepertinya sulit untuk dilakukan. Apalagi jaman sekarang hampir semua gedung menggunakan AC. AC atau bahasa kampungnya yaitu Air Conditioner bekerja dengan hanya memutar balik udara diruangan. Ini membuat kondisi udara tidak bisa dijamin bersih. Pernakah kita merasa ruangan terasa dingin tetapi kulit terasa kering? Kondisi yang seperti itulah yang dapat menyebabkan kulit semakin kering. Untuk itu usahakan jangan terlalu lama terpapar di ruangan ber-AC.


  1. Gunakan pelindung

Kalau kita berada di luar ruangan disaat cuaca panas, sebaiknya kita menggunakan pelindung seperti payung atau topi. Karena kedua benda tersebut dapat menghindari kita dari paparan sinar matahari secara langsung.


Selain itu ada saat dimana kita harus bersentuhan langsung dengan bahan yang bersifat iritan seperti detergen. Untuk kita yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya menggunakan pelindung seperti sarung tangan. Jangan sampai kulit tangan kita yang halus, berubah menjadi kasar seperti parutan kelapa (hii.. serem).


  1. Olahraga secara rutin

Mungkin ini merupakan langkah yang paling standar. Tapi percayalah, dengan kita rajin berolahraga akan sangat membantu mengatasi kekeringan dan kekusaman pada kulit. Karena olahraga dapat membuat aliran darah menjadi lancar. Dengan demikian suplai nutrisi kekulit akan terpenuhi.


  1. Gunakan pelembab



Pelembab wajib dioleskan sehabis mandi dan sebelum bepergian. Hal ini untuk menghindari kulit terlihat kering. Sebaiknya gunakan pelembab yang cocok dengan kulit. Cirinya tidak membuat kulit terlihat mengkilap atau berminyak pada saat digunakan. Jangan lupa pula untuk mengoleskan hand and body lotion ke seluruh tubuh atau ke bagian tubuh yang terasa kering, seperti tangan dan kaki.


Itu tadi beberapa langkah atau tips yang bisa kita lakukan untuk mengurangi kulit kusam. Hmm.. mudah kan?? Jadi, selamat mencoba ya!!

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates